Berita Romeo - KNews
Berita Romeo, Berita berita fyp, berita keuangan, berita finansial, berita ekonomi , olahraga dan lifestyle

Channel YouTube SEPI Terus? Segera Lakukan INI!

Channel YouTube SEPI Terus? Segera Lakukan INI!

Saya tahu banget rasanya disaat channel YouTube saya susah banget dapat view itu frustasi karena saya sendiri pun bukan sekali dua kali mengalami hal itu sebelum punya channel ini saya sempat bikin beberapa channel gagal terus juga bantu channel temen itu untuk dapat 100 V aja susah banget bahkan ada satu channel yang untuk dapat 500 subscriber aja butuh waktu 6 bulan setahun kemudian

Akhirnya nyampe 1500 subscriber tapi jam tayangnya baru 2000-an waktu itu pengen bisa magnet aja Kayaknya cuma mimpi sampai akhirnya saya mulai ngerti caranya Gimana dapetin view dan subscriber dan setelah itu pertumbuhannya pun terus meningkat lebih cepat sekarang kalau saya melihat lagi ke belakang itu sebenarnya memang banyak kesalahan yang dulu saya lakukan Jadi wajar aja kalau video-videonya nggak dapet view dalam memperbaiki channel yang sepi penonton saya akan cari dulu akar permasalahannya nah cara terbaik untuk mencari biang keroknya adalah dengan melihat satu halaman yang sering dihindari oleh banyak youtuber pemula

Yaitu analitik YouTube saya cek analitik dari 5 sampai 10 video terakhir yang viewnya rendah masuk dulu ke bagian jangkauan lalu masuk ke sumber trafik dan set ke 24 jam pertama kalau rasa kulit tayang di 3 tempat ini semuanya di bawah 3% itu nggak bagus sama sekali dan harus segera diperbaiki sedangkan kalau sekitar 4 sampai 6% bisa dibilang agak mendingan Tapi masih belum terlalu bagus rasio klik tayang yang harus dicapai dalam 24 jam pertama di salah satu dari dua tempat ini adalah 7% pena akan lebih

Bagus lagi kalau bisa mendapat 2 digit sedangkan kalau rekomendasi video biasanya sekitar 4 sampai 6% itu udah cukup bagus Nah dalam beberapa hari kemudian biasanya akan turun jadi saya akan cek lagi rasa kulit tayangnya dalam satu minggu setelah upload kalau masih dapat 6% ke atas ini masih cukup oke tapi kalau sampai di bawah 3% seperti permasalahannya itu ada pada konten judul dan juga thumbnail sedangkan kalau

Kita melihat analisis jangkauan untuk video short di sini nggak ada resep kita yang tapi dikatakan kalau video ini ntar ditampilkan di short switch sebanyak 14.000 kali lalu di sini kita bisa lihat presentasi Berapa orang yang melihat dan berapa persen orang yang melewati atau skip kalau visual teman-teman rendah Ada kemungkinan videonya lebih banyak dilewati daripada dilihat dan kalau kita masuk ke sini sebetulnya ada data rasio berita yang karena video search bisa muncul juga di fitur jelajah alias beranda rekomendasi video dan juga penelusuran YouTube disaat berita yang terlalu rendah kita bisa coba ganti judul dan juga thumbnailnya kalau untuk video durasi panjang dengan yang lebih menarik cara ini bisa berhasil jika kontennya sendiri masih relevan menarik untuk ditonton dan tentunya kalau kita tahu cara dalam memperbaiki resep kita yang apa cara yang tepat untuk memperbaiki resep kita yang kita masuk dulu ke tab interaksi

Karena ini penyebab kedua channel jadi sepi dia rata-rata durasi tonton dan juga persentase penayangan kalau sampai di bawah 20% bisa dianggap kurang bagus

Apalagi kalau dibawa 10% Berarti terlalu rendah dan jam tayang pun bakal sulit bertambah penyebab utamanya adalah konten yang kurang menarik atau tolong membosankan untuk ditonton semakin pendek durasi videonya persentase penayangan itu harus semakin tinggi buat yang bikin video pendek 3-5 menitan seperti musik usahakan untuk dapat 50% ke atas berarti kalau untuk short harus mendekati 100% bahkan short itu bisa

lebih dari 100% untuk video berdurasi 10 menit dapat persentase penayangan 30% saja sudah cukup Lumayan tapi kalau saya akan berusaha untuk dapat 40% ke atas cuma untuk dapat presentasi yang tinggi bagi kebanyakan pemula bukanlah hal yang mudah Nah nanti saya bakal jelasin cara meningkatkan persentase penayangan dan rata-rata durasi tonton 

Sekarang mari kita bongkar dulu cara meningkatkan rasio kulit tayang kualitas judul dan thumbnail bertanggung jawab terhadap nilai rasa percaya tapi bikin judul dan thumbnail yang menarik itu bakal sulit kalau idenya sendiri aja sudah nggak menarik jadi harus diawali dulu dengan menemukan ide yang tepat yang memiliki potensi untuk mendapatkan view ada tiga kriteria wajib yang harus dimiliki sebuah ide konten agar bisa mendapatkan view kriteria pertama ide tersebut harus bermanfaat untuk setiap jenis video manfaat yang bakal diharapkan penontonnya itu bakal berbeda-beda asam menghibur menginspirasi mengadukasi atau memberikan solusi intinya memiliki sesuatu yang bisa menguntungkan penonton

Jadi cari dulu ide konten yang bermanfaat punya ide yang memiliki manfaat saja sebetulnya tidak cukup untuk bisa mendapatkan view ide yang dipilih harus bisa menarik minat banyak penonton Untuk itu saya akan masuk ke trends.google.com ketik topik atau ide kontennya saya tentang waktunya ke 5 tahun terakhir lalu di sini set ke

Youtube angka di sini bukan seberapa banyak jumlah pencarian yang dilakukan tapi setelah training dari 0 sampai ke 100 Kalau 0 berarti nggak ada peminat

Kalau 100 berarti lagi di puncak trending di bagian ini kalau ternyata trennya diprediksi bakal turun atau memang sudah turun men ding topik tersebut nggak perlu dibikin mantannya atau setidaknya pilih yang skala trennya masih di sekitaran 50 angka atas minimal topik tersebut masih ada peminatnya yang kita pengen adalah topik yang ukurannya sedang di atas dan yang lebih bagus lagi diprediksi bakal naik ke atas oleh Google Trend jadi kita bisa tulis start teman-teman mungkin pernah mengalami udah bikin konten dengan ide yang bermanfaat dan juga sesuai dengan keinginan penonton tapi viewnya tetap rendah penyebabnya adalah konten yang dibuat bukanlah sesuatu yang baru Kalau nggak menawarkan sesuatu yang baru penonton juga pastinya bakal lebih memilih untuk nonton video-video dari channel-channel yang sudah besar dan sudah lebih terpercaya nah disinilah pentingnya kriteria ketiga yaitu unik untuk dapetin ide yang benar baru dan berbeda itu nggak gampang karya-karya yang ada saat ini pun udah nggak 100% original jadi yang bisa kita lakukan adalah mengembangkan ide yang sudah ada menjadi terasa baru dan unik dan salah satu tekniknya adalah dengan melakukan mixing kita bisa mix 2 ide lama dan memiliki benang merah menjadi satu ide baru kita bisa juga mix idenya dengan pop culture seperti buku film atau lagu terkenal atau dikaitkan dengan kisah nyata yang menginspirasi dan kita juga bisa mix ada konten lama dengan format konten lain 

Misalnya konten gaming dicampur dengan konten challenge contohnya kita memainkan level game tapi pakai hero yang di rumah nggak harus selalu dengan format challenge tapi bisa dengan format apa aja yang penting cocok sebagai konten kreator kita itu harus mengasah kreativitas bukan sekedar ketakutan bikin konten yang sama persis kayak orang lain langkah selanjutnya adalah menuangkan ide konten ke dalam judul dan thumbnail dan ini sebaiknya dilakukan sebelum bikin kontennya judul dalam tabel itu ibaratnya kemasan atau display kalau kemasannya nggak menarik penontonnya 

Jadi kurang tertarik Jadi sebelum repot-repot bikin kontennya kita bikin dulu beberapa draft judul dan konsep thumbnailnya judul dan thumbnail itu harus bisa menjelaskan apa siapa dan kadang juga di mana Kalau kontennya berkunjung ke satu tempat yang paling penting itu adalah tentang apa konten tersebut dan kita cukup menjelaskan satu hal saja yang paling menarik di judul dan di thumbnail karena kalau kebanyakan juga penonton bakal kebingungan

Contohnya judul dalam tabel videonya yang ada kalau white ini memiliki apa siapa dan di mana siapanya adalah entrok hallowed karena ada tanamannya ada wajah dia Apa yang dia lakukan adalah mencari harimau di Sumatera tepatnya di hutan Sumatera karena di tanahnya terlihat dia ada di hutan baik di urutan tampilnya itu sangat simpel sehingga mudah dimengerti oleh penonton dan manfaat yang ditawarkan adalah hiburan ada orang yang mencari harimau itu adalah sesuatu yang ekstrem dan bisa jadi hiburan bagi target penontonnya tapi kenapa dia nggak merasakan gambar harimau alasannya untuk bikin penonton lebih penasaran menambahkan unsur penasaran sangat membantu dalam meningkatkan di judulnya ini ada koloid nggak bilang kalau dia berhasil menemukan harimau tapi dia mencari harimau Apakah dia berhasil menemukan harimau Nah untuk tahu ya tentunya harus nonton videonya ini contoh judul dan thumbnail simple dari channel gadget in katanya tidak bepergian ke satu tempat.

Jadi tidak harus menjelaskan di mana Tapi di sini tetap ada penjelasan apa dan siapa sedangkan unsur penasarannya adalah apa yang sebetulnya membuat David putus asa terhadap HP Nokia dan kenapa dia putus asa dengan HP Nokia di sini juga ada unsur emosi karena menampilkan ekspresi wajah yang menggambarkan keputusannya atau kekecewaan sedangkan manfaat yang tersirat adalah informasi untuk orang yang sedang mempertimbangkan beli HP Nokia dan juga yang sudah membeli HP Nokia kalau di judul dan thumbnail video saya yang ini siapanya itu bukan saya tapi Mr Beast karena orang yang dibahas di video ini adalah Mr Beast ini ada juga yang siapanya itu lebih dari satu jadi ini tergantung dengan siapa saja yang ada atau yang dibahas di konten selain itu juga banyak judul dan thumbnail video yang hanya menunjukkan apa biasanya karena 

Apa yang dibahas di konten jauh lebih penting daripada siapanya judul dan tampilan video kita akan selalu bersaing dengan video-video lain baik di beranda bagi rekomendasi video dan juga di halaman penelusuran kita cuma punya 3 detik untuk membuat orang tertarik kepada judul dan thumbnail video kita apa siapa dan mungkin juga di mana harus terlihat jelas di sisi lain singkirkan hal-hal yang tidak perlu diikutsertakan di thumbnail supaya nggak bikin bingung penonton saya sering lihat banyak thumbnail youtuber pemula selain thumbnailnya sulit untuk dimengerti gambar dan warnanya pun kurang air cacing Pulau suram atau terlalu gelap kalau kurang eye catching 

Bisa-bisa luput dari perhatian penonton untungnya aplikasi zaman sekarang contohnya canva itu sudah menyediakan fitur color adjustment dan filter yang mudah digunakan untuk mempertajam warna dan YouTube sendiri banyak tutorial lightroom yang mudah diikuti bahkan banyak yang kasih preset gratis jadi coba dimanfaatkan nah satu hal lagi yang penting untuk diketahui bahwa rasa kulit tayang di pagar itu juga oleh cinta yang diberikan penonton Setia cuma kalau misalkan celana baru biasanya memang belum punya penonton Setia 

Tingkat kepuasan penonton adalah faktor utama yang dilihat algoritma YouTube dalam memberikan rekomendasi dan YouTube itu sering melakukan survei kepuasan penonton reaksi yang lumayan tinggi tapi videonya tidak benar-benar memberikan kepuasan apalagi hasil surveinya jelek maka tidak akan terlalu direkomendasikan oleh algoritma YouTube tapi masalahnya

YouTube juga nggak memberitahu kita hasil surveinya jadi yang bisa kita lakukan selalu tepatnya apa yang dijanjikan di judul dan di thumbnail dan supaya penonton lebih puas lagi memberikan banyak bonus dan ini bisa berupa tambahan informasi tips humor drama dan lain-lain ada banyak teknik untuk meningkatkan kualitas penonton rata-rata 200 tonton dan juga jam tayang tapi teknik-teknik tersebut bisa jadi

Percuma kalau kita tidak mengerti alasan sebenarnya Kenapa orang menonton saat menonton tertarik dengan janji di judul dadu thumbnail mereka akan memiliki ekspektasi jadi di awal video itu pertama kita harus mengkonfirmasi bahwa apa yang kita janjikan bakal ada di

Videonya bisa Dengan mengatakan secara langsung dibalut dengan cerita atau digambarkan secara visual atau Kombinasi yang penting jangan terlalu bertele-tele jangan sampai buang-buang waktu penonton karena Setelah itu kita harus langsung mempengaruhi kotak penonton agar mau melanjutkan nonton caranya adalah dengan menimbulkan pertanyaan di benar penonton alasan utama Kenapa kita mau nonton film yang durasinya dua jam itu karena film tersebut menanamkan pertanyaan di otak kita contohnya saat menonton drama percintaan pertanyaannya itu simple

Akankah dua karakter utamanya bersatu tonton film misteri dan jendela ini juga Sama siapakah pelaku kejahatannya

Akankah pelakunya tertangkap atau bagaimana ia bisa ditangkap cuma untuk tahu jawabannya kita akan dibawa dulu untuk melalui lika-liku dan drama yang menarik karena kalau nggak penonton akan langsung skip ke bagian akhir atau keluar di tengah-tengah dan hal yang sama berlaku juga di YouTube jadi timbulkan pertanyaan di benak penonton dari sejak awal melalui Hook dan setup lalu jawab pertanyaan tersebut secara menarik dan perlahan seperti lika-liku dalam film emosi kita saat nonton film itu seperti dipermainkan ada sedih ketawa senang dan juga takut kayak lagi naik roller coaster kalau rasa kulit tayang dan deteksi sudah bagus seberapa besar video yang akan didapatkan Apakah bakal viral perlu diketahui Kalau ukuran dan minat penonton dari setiap topik itu berbeda-beda di Google Trends kita bisa melakukan perbandingan seperti terlihat di sini 

Di sini minat untuk topik alur film itu jauh lebih besar kalau dibandingkan dengan youtuber pemula jadi kita nggak bisa berharap kalau semua topik itu bakal bisa viral cuma kalau saya bikin pertanyaan itu disesuaikan dengan kemampuan saya dan viral juga

nggak masalah yang penting channel itu terus berkembang By the way untuk lebih mengerti soal book dan setup serta cara masuk ke video agar detensi lebih tinggi teman-teman bisa lanjutin nonton 2 video ini



Post a Comment